Pertolongan Pertama Yang Anda Harus Lakukan Ketika Patah Tulang

Patah tulang bisa dialami kapan saja dan salah satu faktor penyumbang korban patah tulang di indonesia yang sering terjadi adalah kecelakaan ditambah lagi setiap tahun angka kendaraan bermotor di Indonesia terus tumbuh. Alangkah baiknya kita mengetahui pertolongan pertama ketika patah tulang untuk berjaga-jaga jika kita mengalaminya atau orang di sekitar kita tertimpa musibah ini. Berikut penanganannya.
Step 1, Jangan melakukan gerakan yang berlebihan karena cedera bisa berlanjut jika terlalu banyak bergerak. Jika korban terluka jangan pindahkan kecuali sudah membuat bidai dari karton atau majalah, setelah itu letakkan dengan lembut dibawahnya lalu ikat dengan hati-hati.
Step 2, Jika terjadi pendarahan hentikanlah pendarahannya dengan membungkus luka dengan kain lalu tekan bagian yang terluka agar pendarahan berangsur-angsur berhenti.
Step 3, Jika terjadi syok tutup korban dengan selimut terus tinggikan kaki sekitar tigapuluh centimeter.
Step 4, Jika terjadi pembengkakan kompres dengan air es jangan biarkan es menyentuh langsung kulit tapi alas dengan kain attau handuk.
Step 5, Larikan ke rumah sakit atau tunggu bantuan medis datang.
                Kunci nya jangan panik dan kenali dulu apa yang di derita korban lalu ambil tindakan sesuai langkah diatas, beri ruang gerak agar korban tidak merasa sesak. Jika tidak bisa melakukan pertolongan pertama pada korban langsung larikan ke rumah sakit lokal terdekat lebih baik lagi jika memiliki nomor telepon agar segera datang. Alangkah baiknya juga jika kita menyimpan nomor telepon rumah sakit lokal atau sekitar rumah kita untuk berjaga-jaga jika terjadi keadaan darurat.